Membuat Rumah Dengan Dev-C++
TUGAS M1
Grafik Komputer
NAMA : Ajay Alfredo Almani
NPM : 50420093
KELAS : 3IA16
MATA KULIAH : Grafik Komputer 1**
DOSEN PENGAMPU : DWI WIDIASTUTI., SKom., MMSI
TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA
2022
SOAL TUGAS M1
1. Membuat Rumah memakai OpenGL
LISTING PROGRAM
CODE PROGRAM
rumah.cpp
// Ajay Alfredo Almani - 50420093 - 2IA16
#include <windows.h> // kode program di atas adalah file header khusus Windows untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang berisi deklarasi untuk semua fungsi di Windows API, Ini mendefinisikan sejumlah besar fungsi khusus Windows yang dapat digunakan di C.
#include <GL/glut.h> // kode program di atas berfungsi untuk import library GLUTH yang akan digunakan.
void display() { // berfungsi sebagai Fungsi display adalah fungsi untuk membuat gambar.
// berfungsi sebagai memberi warna dasar.
glClearColor(1.0, 1.0, 1.0, 1.0);
// default tampilan utama.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
// untuk ketebalan warna.
glLineWidth(2.5);
// atap rumah menggunakan segitiga.
glBegin(GL_TRIANGLES); // berarti kita ingin mulai menggambar segitiga.
glColor3f(1., 1., 1.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
glVertex2f(-0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(0.0f, 0.70f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glEnd(); // untuk mengakhiri vertex.
// kenapa pake line_loop ? dikarenakan garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
glBegin(GL_LINE_LOOP); // sebagai mulai menggambar garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
glColor3f(0., 0., 0.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
glVertex2f(-0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(0.0f, 0.70f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glEnd(); // untuk mengakhiri vertex.
// dinding menggunakan segiempat adalah empat buah titik yang terhubung menjadi suatu segiempat dengan blok di tengahnya.
glBegin(GL_QUADS); // adalah berfungsi untuk membuat segi empat dengan terlebih dahulu menentukan titik-titik koordinatnya.
glColor3f(1., 1., 1.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
glVertex2f(-0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(0.65f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(-0.65f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glEnd(); // untuk mengakhiri vertex.
// kenapa pake line_loop ? dikarenakan garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
glBegin(GL_LINE_LOOP); // sebagai mulai menggambar garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
glColor3f(0., 0., 0.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
glVertex2f(-0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(0.65f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(-0.65f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glEnd(); // untuk mengakhiri vertex.
// pintu menggunakan segiempat adalah empat buah titik yang terhubung menjadi suatu segiempat dengan blok di tengahnya.
glBegin(GL_QUADS); // adalah berfungsi untuk membuat segi empat dengan terlebih dahulu menentukan titik-titik koordinatnya.
glColor3f(1., 1., 1.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
glVertex2f(-0.50f, -0.35f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(-0.15f, -0.35f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(-0.15f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(-0.50f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glEnd(); // untuk mengakhiri vertex
// kenapa pake line_loop ? dikarenakan garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
glBegin(GL_LINE_LOOP); // sebagai mulai menggambar garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
glColor3f(0., 0., 0.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255
glVertex2f(-0.50f, -0.35f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(-0.15f, -0.35f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(-0.15f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glVertex2f(-0.50f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glEnd(); // untuk mengakhiri vertex
glFlush(); // berfungsi sebagai menggambar ke layar.
}
int main(int argc, char** argv) { // untuk mendefinisikan mainfungsi di C dan C++, dan fungsi tersebut memiliki parameter tipe integer. dan juga parameter tipe pointer ke pointer ke char .
// inisialisasi glut agar glut bisa berjalan.
glutInit(&argc, argv);
// berfungsi sebagai untuk title window saat output nanti.
glutCreateWindow("Tugas Rumah - Grafik Komputer - Ajay Alfredo Almani");
// berfungsi sebagai mengatur posisi (x,y) window.
glutInitWindowPosition(200,100);
// berfungsi sebagai mengatur ukuran window.
glutInitWindowSize(420, 420);
// berfungsi sebagai memanggil function display di atas.
glutDisplayFunc(display);
// berfungsi sebagai looping program utama.
glutMainLoop(); // berfungsi untuk menjalankan program.
return 0; // berfungsi untuk memberitahu bahwa kode telah selesai di esekusi dengan exit code 0.
}
Post a Comment for "Membuat Rumah Dengan Dev-C++"