Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Rumah Dengan Dev-C++

    

 TUGAS M1 

                           Grafik Komputer 





NAMA                                        : Ajay Alfredo Almani

NPM                                           : 50420093

KELAS                                       : 3IA16

MATA KULIAH                        : Grafik Komputer 1**

DOSEN PENGAMPU               : DWI WIDIASTUTI., SKom., MMSI

 




TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA
2022


SOAL TUGAS M1

 

1. Membuat Rumah memakai OpenGL

 


LISTING PROGRAM





CODE PROGRAM

rumah.cpp

//  Ajay Alfredo Almani - 50420093 - 2IA16
#include <windows.h> // kode program di atas adalah file header khusus Windows untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang berisi deklarasi untuk semua fungsi di Windows API, Ini mendefinisikan sejumlah besar fungsi khusus Windows yang dapat digunakan di C.
#include <GL/glut.h> // kode program di atas berfungsi untuk import library GLUTH yang akan digunakan.

void display() { // berfungsi sebagai Fungsi display adalah fungsi untuk membuat gambar.
  // berfungsi sebagai memberi warna dasar.
  glClearColor(1.0, 1.0, 1.0, 1.0);
 
  // default tampilan utama.
  glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
 
  // untuk ketebalan warna.
  glLineWidth(2.5);

    // atap rumah menggunakan segitiga.
    glBegin(GL_TRIANGLES); // berarti kita ingin mulai menggambar segitiga.
    glColor3f(1., 1., 1.);  // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
    glVertex2f(-0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float. 
    glVertex2f(0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float. 
    glVertex2f(0.0f, 0.70f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float. 
    glEnd(); // untuk mengakhiri vertex.
    
    // kenapa pake line_loop ? dikarenakan garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
    glBegin(GL_LINE_LOOP); // sebagai mulai menggambar garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
    glColor3f(0., 0., 0.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
    glVertex2f(-0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(0.0f, 0.70f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glEnd(); // untuk mengakhiri vertex.

    // dinding menggunakan segiempat adalah empat buah titik yang terhubung menjadi suatu segiempat dengan blok di tengahnya.
    glBegin(GL_QUADS); // adalah berfungsi untuk membuat segi empat dengan terlebih dahulu menentukan titik-titik koordinatnya.
    glColor3f(1., 1., 1.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
    glVertex2f(-0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float. 
    glVertex2f(0.65f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(-0.65f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glEnd(); // untuk mengakhiri vertex.
    
    // kenapa pake line_loop ? dikarenakan garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
  glBegin(GL_LINE_LOOP); // sebagai mulai menggambar garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
  glColor3f(0., 0., 0.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
    glVertex2f(-0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(0.65f, 0.06f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(0.65f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(-0.65f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glEnd(); // untuk mengakhiri vertex.
    
  // pintu menggunakan segiempat adalah empat buah titik yang terhubung menjadi suatu segiempat dengan blok di tengahnya. 
    glBegin(GL_QUADS); // adalah berfungsi untuk membuat segi empat dengan terlebih dahulu menentukan titik-titik koordinatnya.
    glColor3f(1., 1., 1.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
    glVertex2f(-0.50f, -0.35f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(-0.15f, -0.35f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(-0.15f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(-0.50f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glEnd(); // untuk mengakhiri vertex
    
    // kenapa pake line_loop ? dikarenakan garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
  glBegin(GL_LINE_LOOP); // sebagai mulai menggambar garis bisa terlihat dan menyambung dari koordinat akhir ke koordinat awal.
    glColor3f(0., 0., 0.); // fungsi sebagai memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255
    glVertex2f(-0.50f, -0.35f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(-0.15f, -0.35f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(-0.15f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glVertex2f(-0.50f, -0.85f); // adalah suatu fungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
    glEnd(); // untuk mengakhiri vertex

 glFlush(); // berfungsi sebagai menggambar ke layar.
}


int main(int argc, char** argv) { // untuk mendefinisikan mainfungsi di C dan C++, dan fungsi tersebut memiliki parameter tipe integer. dan juga parameter tipe pointer ke pointer ke char .
 // inisialisasi glut agar glut bisa berjalan.
 glutInit(&argc, argv);
 
 // berfungsi sebagai untuk title window saat output nanti.
 glutCreateWindow("Tugas Rumah - Grafik Komputer - Ajay Alfredo Almani");
 
 // berfungsi sebagai mengatur posisi (x,y) window.
 glutInitWindowPosition(200,100);
 
 // berfungsi sebagai mengatur ukuran window.
 glutInitWindowSize(420, 420);
 
 // berfungsi sebagai memanggil function display di atas.
 glutDisplayFunc(display);
 
 // berfungsi sebagai looping program utama.
 glutMainLoop(); // berfungsi untuk menjalankan program.
 return 0; // berfungsi untuk memberitahu bahwa kode telah selesai di esekusi dengan exit code 0.
}



OUTPUT PROGRAM





Post a Comment for "Membuat Rumah Dengan Dev-C++"