Membuat Segitiga Dengan Dev-C++
TUGAS M2
Grafik Komputer
NAMA : Ajay Alfredo Almani
NPM : 50420093
KELAS : 3IA16
MATA KULIAH : Grafik Komputer 1**
DOSEN PENGAMPU : DWI WIDIASTUTI., SKom., MMSI
SOAL TUGAS M2
1. Membuat Segitiga memakai OpenGL seperti gambar dibawah ini
LISTING PROGRAM
CODE PROGRAM
segitiga.cpp
// Ajay Alfredo Almani - 50420093 - 2IA16
#include <windows.h> // kode program di atas adalah file header khusus Windows untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang berisi deklarasi untuk semua fungsi di Windows API, Ini mendefinisikan sejumlah besar fungsi khusus Windows yang dapat digunakan di C.
#include <GL/glut.h> // kode program di atas berfungsi untuk import library GLUTH yang akan digunakan.
void display() { // berfungsi sebagai Fungsi display adalah fungsi untuk membuat gambar.
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0); // berfungsi sebagai memberi warna dasar yang memiliki 4 parameter fungsi RGBA (Red, Green, Blue, Alpha) Alpha adalah tingkat visibilitas
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); // berfungsi sebagai membersihkan latar belakang layar dengan warna hitam.
glBegin(GL_TRIANGLES); // berfungsi untuk menggambar vertex triangles, berarti kita ingin menggambar segitiga.
glColor3f(1., 0., 0.); // berfungsi untuk memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
glVertex2f(0.0f, 0.5f); // berfungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glColor3f(0., 1., 0.); // berfungsi untuk memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
glVertex2f(0.7f, -0.5f); // berfungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glColor3f(0., 0., 1.); // berfungsi untuk memanggil dipanggil untuk mewarnai elemen dan parameternya adalah code RGB dari 0 hingga 255, dan nilai satuan nya ialah float.
glVertex2f(-0.7f, -0.5f); // berfungsi untuk menggambar titik pada koordinat x dan y, dengan nilai satuan berupa float.
glEnd(); // untuk mengakhiri vertex.
glFlush(); // berfungsi sebagai menggambar ke layar.
}
int main(int argc, char** argv) { // untuk mendefinisikan mainfungsi di C dan C++, dan fungsi tersebut memiliki parameter tipe integer. dan juga parameter tipe pointer ke pointer ke char.
glutInit(&argc, argv); // inisialisasi glut agar glut bisa berjalan.
glutCreateWindow("Tugas 2 Segitiga - Grafik Komputer - Ajay Alfredo Almani"); // berfungsi sebagai untuk title window saat output nanti.
glutInitWindowPosition(200,100); // berfungsi sebagai mengatur posisi (x,y) pada windows.
glutInitWindowSize(500, 100); // berfungsi sebagai mengatur ukuran windows.
glutDisplayFunc(display); // berfungsi sebagai memanggil function void display di atas.
glutMainLoop(); // berfungsi sebagai looping program utama dan berfungsi juga untuk menjalankan program.
return 0; // berfungsi untuk memberitahu bahwa kode telah selesai di esekusi dengan exit code 0.
}
Post a Comment for "Membuat Segitiga Dengan Dev-C++"