Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas M10 Webqual

 

TUGAS BEDAH JURNAL M10

NAMA                                      : Ajay Alfredo Almani

NPM                                         : 50420093

KELAS                                     : 2IA16

MATA KULIAH                      : Pengantar Web Science

DOSEN PENGAMPU             : Nia Yuningsih SKom.,MMSI




TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA
2022










SOAL TUGAS










Tugas Jurnal  :PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE KEMENTERIAN KOMINFO DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0
Penulis :Imam Sanjaya
Tahun  :2012



   Pertumbuhan TIK yang demikian pesat menjadikan website sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah organisasi/perusahaan dalam hal layanan bagi pengguna/pelanggan. Layanan suatu website perlu diukur untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan memperoleh umpan balik. Dalam penelitian ini, kualitas website Kementerian Komunikasi dan Informatika diukur dengan menggunakan metode WebQual. WebQual merupakan instrumen yang menilai kualitas suatu website menurut perspektif pengguna akhir. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hubungan antar dimensi dari WebQual 4.0. WebQual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Metode ini merupakan pengembangan dari SERVQUAL yang banyak digunakan sebelumnya pada pengukuran kualitas jasa. WebQual sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1998 dan telah mengalami beberapa interaksi dalam penyusunan dimensi dan butir pertanyaannya. Versi pertama dari instrumen WebQual (WebQual 1.0) dikembangkan sebagai bagian dari hasil lokakarya yang diselenggarakan dengan melibatkan para siswa yang diminta untuk mempertimbbangkan kualitas website sekolah. Instrumen WebQual disaring melalui proses perbaikan secara iteratif dengan menggunakan kuesioner percobaan sebelum disebarkan untuk populasi yang lebih besar.

 

WebQual 1.0 mungkin kuat dalam hal kualitas informasi, namun kurang kuat dalam hal interaksi layanan. Demikian juga untuk WebQual 2.0 yang menekankan kualitas interaksi menghilangkan beberapa kualitas informasi dari WebQual 1.0. Kedua versi tersebut mengandung berbagai kualitas terkait dengan website sebagai artefak perangkat lunak. Analisis dari hasil WebQual 3.0 membawa pada identifikasi tiga dimensi dari kualitas website, yaitu kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi pelayanan. Kegunaan adalah kualitas yang berkaitan dengan desain website, misalnya penampilan, kemudahan penggunaan, navigasi dan tampilan yang disampaikan kepada pengguna.




 Pada Tabel 4 di atas ini terlihat nilai corrected item-total correlation dari masing-masing 18 butir pertanyaan. Sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh Doll dan Torkzadeh dalam Tarigan (2008), butir pertanyaan ke-19, yaitu kesan keseluruhan pelanggan selalu diasumsikan valid. Tabel 4 dapat dilihat bahwa pertanyaan nomor 1, 2, 4, dan 11 nilainya kurang dari 0,2 sehingga dianggap tidak valid dan dikeluarkan dari model. Setelah ke-4 pertanyaan itu dibuang kita lakukan kembali analisis principal component matrix dan hasilnya sebagaimana termuat dalam Tabel 5 bahwa semua butir pertanyaan telah valid dan kita bisa melanjutkan tahapan analisis lebih lanjut.

 

Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa hubungan antara variabel dependen (kepuasan pengguna) dan variabel independen (masing-masing dimensi dari WebQual versi 4.0). Model analisis regresi atau model persamaan struktural dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang melibatkan lebih dari dua variabel (multivariat). Dalam penelitian ini diputuskan untuk menggunakan analisis regresi berganda, sebagaimana telah dilakukan oleh Loiacono et al (2002). Untuk menguji pengaruh ketiga variabel independen terhadap kepuasan pengguna, dilakukan analisis regresi linier dengan metode stepwise.

Post a Comment for "Tugas M10 Webqual"