Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas M14 Pengaruh Iklan Terhadap Kesadaran Merek Dompet Digital.

 

TUGAS VC M13

NAMA                                      : Ajay Alfredo Almani

NPM                                         : 50420093

KELAS                                     : 2IA16

MATA KULIAH                      : Pengantar Web Science

DOSEN PENGAMPU             : Nia Yuningsih SKom.,MMSI




TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA
2022


SOAL TUGAS M14



Pengaruh iklan terhadap kesadaran merek dompet digital.

 

    Sebelum masuk ke pengaruh iklan terhadap kesadaran merek dompet digital, kita harus mengenal pengertian iklan dan dompet digital. Iklan adalah pesan yang disampaikan ke publik dengan tujuan memengaruhi keputusan khalayak, bisa untuk mengajak membeli suatu produk atau menggunakan jasa tertentu. Sementara itu, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial. Iklan komersial yaitu bertujuan mempromosikan dengan maksud orang mau membeli atau menggunakan jasa yang diiklankan. Iklan non komersial yaituditujukan kepada khalayak untuk memberikan informasi, edukasi, imbauan, dan sosialisasi program. Promosi salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan promosi iklan. Iklan menjadi bagian yang tidak dapat ditinggalkan dalam dunia pemasaran. Oleh sebab itu, perusahaan berlomba – lomba membuat strategi iklan yang tepat. Ini menjadi sebuah tantangan bagi para pemasar dan pelaku kreator iklan demi menciptakan iklan yang dapat menarik para calon konsumen. Dengan pesatnya perkembangan teknologi media iklan juga semakin berkembang. Yang sebelumnya hanya dimedia iklan berbasis offline, namun saat ini media iklan juga berkembang ke berbasis online. Yang mana hal ini dapat memperluas cakupan iklan yang di tayangankan untuk mendapatkan audiens sebanyak mungkin. Media iklan online saat ini juga lebih sering diminati oleh para pemasar karena para calon konsumen saat ini lebih sering menggunakan media online dalam kehidupan sehari – hari yang dapat dimanfaatkan dalam beriklan.

    Strategi iklan dengan memperhatikan kreativitas, kualitas, dan frekuensi penayangan iklan yang baik diharapkan dapat mempengaruhi tingkat kesadaran merek. Maka dengan ini peneliti terdorong untuk meneliti tentang pengaruh iklan terhadap kesadaran merek untuk mengetahui apakah ditemukan pengaruh antara iklan dengan kesadaran merek dengan menggunakan layanan dompet digital DANA sebagai objek penelitian. DANA sendiri merupakan aplikasi layanan dompet digital yang diciptakan untuk transaksi non tunai dengan cepat, praktis, dan keamanan yang terjamin. Aplikasi DANA dapat melayani transaksi online maupun offline dengan layanan terlengkap, tercanggih, dan kemanan terjamin. Dana merupakan produk yang diciptakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe yang didirikan mulai 5 Desember 2018 dan sudah diakui oleh hukum Indonesia.


Iklan

( Source )

 

    Iklan adalah cara untuk mempromosikan produk, brand atau layanan kepada audience untuk mendorong ketertarikan, pelibatan dan penjualan. Iklan dapat dibuat dalam berbagai bentuk, dari media cetak hingga video interaktif, dan telah berevolusi menjadi fitur penting untuk marketplace aplikasi. Kreativitas dalam penyampaian pesan iklan baik tersirat maupun tersurat pada iklan harus membuat para konsumen dapat memahami dan menafsirkan isi pesan yang terkandung dalam iklan tersebut. Semakin sering frekuensi iklan muncul dalam suatu media iklan dan semakin luas cangkupannya, maka iklan yang ditayangkan akan membuat para calon konsumen menerima informasi mengenai produk yang iklankan tersebut. Pemasar juga perlu menganalisa media iklan yang akan digunakan untuk penayangan iklan tersebut, baik secara online atau offline. Media iklan online seperti content marketing, SEO (Search Engine Optimization), paid research, display ads, targeted ads, paid and organic social media, dan website landing pages. 

Pengaruh dari Iklan yaitu :

1. Iklan membentuk persepsi tertentu atas produk/jasa dan kemudian diterima secara emosional dan mengganggap itu adalah hal yang benar. Contohnya kebanyakan produk kecantikan menampilkan bintang iklan yang berkulit putih, berambut lurus, dan masih banyak lagi. Lama kelamaan akan membentuk persepsi publik bahwa orang cantik harus berkulit putih padahal dimensi kecantikan itu relatif tergantung dari sudut pandang masyarakat. Itu sendiri.

2. Membuat masyarakat berperilaku konsumtif. Masyarakat dipengaruhi dengan banyaknya iklan yang bermunculan baik di televisi maupun media massa lainnya.Sehingga jumlah konsumsi mengalami peningkatan dan lebih parah lagi pengeluaran menjadi membengkak.. Konsumen membeli bukan semata-mata mereka butuh produk itu tetapi karena tergiur dengan iklan yang ada di media.

3. Iklan secara tidak langsung membentuk identitasi diri mereka sebagai manusia modern. Melalui iklan, akan terbentuk sebuah identitas massal, serba sama yang pasti akan membuat produknya tambah laku. Contohnya belum dianggap keren kalau tidak memakai pomade yang diiklankan ditelevisi. Atau belum dianggap kekinian jika tidak mengunakan smartphone yang lagi ngetrend dipasaran.

 Kesadaran merek

( Source )

 

    Dalam bahasa Indonesia, brand awareness lebih dikenal dengan sebutan kesadaran merek. Pengertian brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, image, dan sebagainya, yang menggambarkan identitas suatu brand. Brand awareness adalah kemampuan market untuk mengenali suatu merek bahkan hanya dengan hal kecil seperti logo, warna, jargon, nada, image, dan lain sebagainya yang memang menjadi identitas mereka. Perusahaan berlomba-lomba dalam membentuk brand awareness guna menggaet minat dari masyarakat luas. Kesadaran Merek masih menjadi sebuah asset yang menentukan bagi perusahaan dan untuk menghadapi persaingan. Dengan meningkatnya kesadaran merek, konsumen tertarik untuk terus menggunakan produk yang kita jual dan dapat meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, konsumen akan mengonsumsi produk yang sudah mereka kenal. Dengan kesadaran merek yang tinggi, produk akan mudah diingat oleh konsumen. Perusahaan yang memiliki kesadaran merek akan lebih mudah dalam membuat strategi pemasaran. Perusahaan dianggap berhasil apabila memiliki kesadaran merek yang tinggi dari produk yang dimilikinya. Karena jalan satu – satunya untuk dapat bersaing dengan brand produk lain yaitu dengan meningkatkan kesadaran merek dari produk. Oleh karena itu, bagaimana para perusahaan mengenalkan keunggulan dari produk yang dimiliki kepada konsumen. Brand awareness atau kesadaran merek menjadi faktor penting bagi kesuksesan pemasaran produk. Kesadaran merek akan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kecil kemungkinan produk akan laku di pasar kalau merek nya tidak kenal publik.

 

 

Dompet digital (e-Wallet)

( Source )

 

    Dompet Digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam pembayaran atau transaksi secara online. Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia, dompet digital atau dompet elektronik merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran, antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik untuk menampung dana dan melakukan pembayaran. Seiring berjalannya waktu, dompet digital kian populer di kalangan masyarakat. Aplikasi ini menyediakan cara yang aman bagi para pengguna internet untuk menyimpan dan menggunakan informasi berbelanja secara online.

 

 

KESIMPULAN

    Pengaruh iklan terhadap kesadaran merek dompet digital yaitu adalah kita sebagai konsumen dapat sadar apa itu dompet digital dan fungsinya, Apalagi di masa - masa dunia digital seperti ini. Uang digital yang kita masukan ke dompet digital yang ada di smarphone sangat efektif apalagi mengingat bahwa penularan virus covid-19 bisa juga dari uang kertas yang biasa kita terima. Lalu merek digital sekarang sangat banyak dikarenakan kompatibilitas terhadap tempat atau aplikasi yang digunakan. Contoh GOPAY / OVO bisa digunakan untuk aplikasi Gojek dan tempat - tempat yang tersedia untuk pembayaran ini. Lalu ada juga DANA yang juga termasuk dompet digital yang biasa kita lakukan untuk pembayaran dan transfer bank.  Dengan adanya internet saat ini, pemasar dapat mengalihkan fokusnya untuk memanfaatkan internet sebagai media untuk memasarkan produk seperti beriklan dimedia sosial Youtube. Saat ini pula masyarakat cenderung lebih sedikit menyaksikan televisi dibandingkan dengan smartphone, dikarenakan smartphone yang mereka miliki sudah dapat mengakses apapun yang mereka inginkan. sebagian kecil masyarakat menyaksian tayangan iklan melalui media iklan yang terdapat pada bioskop dan media iklan seperti baliho. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media iklan yang efektif untuk dimanfaatkan oleh para pemasar yaitu Youtube dan Televisi dengan jangkauan masyarakat yang lebih luas.

 

 

 Referensi :

http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/FRKM/article/download/12396/8209

Post a Comment for "Tugas M14 Pengaruh Iklan Terhadap Kesadaran Merek Dompet Digital."